Thursday 27 October 2016

10 KAYU TERKUAT di Dunia Salah Satunya dari Indonesia

INDONESIA miliki salah satu jenis dari 10 KAYU TERKUAT di Dunia

Agan n aganwati, Mimin n Momod ane punya informasi yang mudah2an bermanfaat. ini tentang jenis kayu terkeras yang ada di dunia, dan Indonesia memiliki salah satu jenis kayu tersebut.

Sebut saja Kayu Besi (Iron Wood), ternyata keberadaan kayu jenis ini terdapat di seluruh dunia dengan varietas menyebar di beberapa negara / benua. Kayu jenis Kayu Besi / kita biasa kenal dengan sebutan kayu Ulin/Baulin ini terkenal sangat keras/kokoh. itulah salah satu sebab kayu jenis ini diburu untuk dijadikan salah satu bahan bangunan. dan tidak hanya itu, orang biasanya juga menggunakannya untuk keperluan pembuatan senjata tumpul seperti Nunchaku, Pedang kayu / Bokken, Toya, Tongkat pendek (Komagong), dll. dan bahkan pengggunaannya juga sebagai alat musik.

Baiklah tidak perlu Ba Bi Bu.... ini agan2 semua... :
1. Acacia estrophiolata , Southern ulin. secara umum biasa disebut kayu besi selatan gan, ini kayu dari daratan Australia tengah. selain kuat kayu ini juga terlihat anggun dengan naungan pohon terjumbai, yang tumbuh dari sekitar 4-16 m dan memiliki batang dengan diameter hingga sekitar 0,45 m. tanaman berdaun runcing Ini memiliki bunga kuning pucat setelah hujan musim dingin.
Hal ini biasanya ditemukan di daerah dengan curah hujan 220-350 mm / tahun.
ini penampakannya :


2. Androstachys johnsonii, mungkin kita / penduduk sekitar akan menyebutnya ulin Lebombo, adalah pohon spesies dan satu-satunya anggota dari genus Androstachys di Picrodendraceae . ini kayu asli asli Afrika dan Madagaskar . tepatnya Afrika Selatan , di Provinsi Limpopo , Mpumalanga dan Swaziland . Kayu ini banyak digunakan di bagian selatan Mozambik, di mana ia dikenal sebagai Simbirre, untuk lantai dan umumnya diperdagangkan untuk pilar pondok dan pagar. Operator wisata selatan Afrika di Mozambik digunakan secara ekstensif untuk membangun struktural bangunan yang dekat dengan kondidi air asin atau di air laut.

3. Carpinus carolininia (American hornbeam) adalah kayu asal Amerika utara bagian timur, penduduk sekitar biasa menyebutnya dengan blue-beech , ulin , atau musclewood. pohon kayu ini dikenal lurus tidak banyak cabang dan mempunyai ketinggian rata-rata 10-15 meter, untuk kayu dengan tinggi 20 meter saat ini sudah jarang ditemui. Kayu jenis ini ada dua jenis gan yang diketahui yang pertama Carpinus carolininia subsp carolininia dan Carpinus carolininia subsp virginiana.


4. Caesalpinia ferrea, umumnya dikenal sebagai pau ferro, kayu ulin Brasil, atau leopardtree, adalah sebuah pohon yang ditemukan di Brazil dan Bolivia.

5. Casuarina equisetifolia adalah spesies dari genus Casuarina. membentang dari Burma dan Vietnam seluruh Malaysia timur ke Polinesia Prancis , Kaledonia Baru , dan Vanuatu , dan selatan Australia (utara dari Northern Territory , utara dan timur Queensland , dan utara-timur New South Wales ). Populasi juga ditemukan di Madagaskar , tetapi diragukan apakah ini dalam rentang asli dari spesies. Spesies telah diperkenalkan ke Amerika Serikat Selatan dan Afrika Barat. Ini adalah spesies invasif di Florida.


6. Casuarinaceae, , marupakan tanaman dikotil berbunga yang terdiri dari tiga atau empat marga dan sekitar 70 spesies pohon dan semakmerupakan asli daerah tropis (Indo-Malaysia), Australia , dan Kepulauan Pasifik.


7. Chionanthus foveolatus (umumnya dikenal sebagai Ironwood Pock) pohon berukuran sedang, seperti cemara , merupakan pohon asli untuk Afrika Selatan .







8. Choricarpia subargentea adalah kayu langka hutan Australia, tumbuh di dekat Mullumbimby di timur laut New South Wales dan dari Boonah ke Imbil di selatan timur Queensland . Nama-nama umum termasuk raksasa Ironwood, Ironwood Box, Scrub Ironwood dan Lancewood. The New South Wales adalah habitat dari Choricarpia subargentea.


9. Copaifera langsdorffii spp, ini merupakan pohon yang unik, karena mengandung minyak. itulah sebabnya dia juga disebut sebagai pohon minyak.




10. Eusideroxylon zwageri, ini dia ni gan, Borneo IronWood yang kita kenal dengan nama Kayu Ulin / Bulian Kalimantan Indonesia. kayu yang sangat keras, saking kerasnya kalo ingin mengolah kayu ini harus dalam keadaan masih basah atau baru saja di tebang. kalo tidak batang akan menjadi sangat keras dan susah sekali di oleh. karena ketangguhan pohon inilah menjadi diburu oleh pembalak hutan liar.. Kasian.. Kita sebagai warna negara yang baik harus melestarikan spesies ini agar anak cucu kita masih punya kesempatan untuk penikmati keindahan dari pohon kayu ulin ini ya agan2... kayu ini dapat dikembang biakkan dengan biji kok. ^^

Sekian lah informasi dari saya ^_^ , semoga bermanfaat ya gan. ^_^


Berkomentar yang baik, gunakan etika dalam berkomunikasi.
Komentar berbentuk iklan tidak akan di tampilkan di dalam blog
EmoticonEmoticon