Friday 23 September 2016

5 Masalah Etika Kerja yang sering dilupakan para generasi Milenial

Tags


Generasi Milenial, yang menurut majalah TIME berusia sekitar 15 hingga 35 tahun saat ini, tumbuh di era yang di banjiri informasi dan teknologi yang mempengaruhi pola kebiasaan berpikir dan berinteraksi.
 Perbedaan perspektif  dan perbedaan pendapat antar generasi adalah sesuatu yang sangatlah lazim, tetapi, setidaknya untuk saat ini, generasi milenial dinilai perlu beradaptasi dengan belajar bagaimana bekerja sama dengan atasan atau senior dari generasi yang memiliki perbedaan pola pikir, cara berkomunikasi, dan ekspektasi yang jelas sangat berbeda pula.
Ini adalah pekerjaan pertama Anda atau Anda sudah lama memasuki lingkup dunia kerja, bersama keahlian dan tata krama dunia kerja ini akan menjadi petunjuk berguna bagi Anda untuk sukses dengan jenjang karir yang baik.




1.Komunikasi Dua Arah
 
Dengan efisiensi  yang ditawarkan dari dunia internet, sangat mudah sekali sehingga merasa tidak ada yang Anda tidak ketahui, apapun itu anda bisa dapatkan dengan hanya satu kalu klik saja!
Manfaatkan kemampuan dan pengetahuan lebih  yang Anda miliki ini dengan aktif berpartisipasi saat meeting. 

 ketika Anda menyampaikan ide atau ingin menyampaikan pendapat, persiapkan argumen dan pernyataan yang logis dan bisa Anda pertanggung jawabkan. Jangan asal anda berucap saja. Di sisi lain, Anda juga perlu tahu kapan saatnya untuk diam dan mendengarkan input dan kritik konstruktif yang disampaikan oleh atasan atau kolega Anda. Lebih baik jika Anda aktif meminta instruksi atau menanyakan tentang etika kerja, jika dibandingkan dengan Anda melakukan kesalahan fatal nantinya. Kesampingkan ego Anda, karena sebagai pegawai baru, perusahaan pasti juga tidak mengharapkan Anda langsung paham kinerja dan pergerakan di tempat kerja di minggu-minggu awal

2. Etika Komunikasi Tertulis

Kebiasaan Sehari-hari Anda mungkin terbiasa dengan komunikasi yang bersifat lebih kasual dan tidak terikat aturan bahasa yang kaku. Popularitas emoji sedikit banyak juga merubah dinamika komunikasi tertulis, yang mana simbol dan gambar menggantikan kata-kata sebagai penadah informasi.
Untuk masalah ini interaksi sosial di luar dunia kerja, sah-sah saja Anda menulis kalimat yang disingkat , tapi untuk korespondensi profesional berupa email kantor atau laporan proyek, selalu gunakan gaya bahasa lebih formal dengan memperhatikan pengejaan dan tanda baca yang baik dan benar. Satu lagi: selalu, selalu hindari menggunakan emoticon untuk komunikasi yang bersifat profesional.

3. Tanggung Jawab

Oh, tentu saja kami tidak meragukan kalau Anda adalah individu yang bertanggung jawab. Namun tanggung jawab sangat luas cakupannya. Salah satu aspeknya adalah bertanggung jawab dalam manajemen waktu, yang berarti ketepatan waktu dalam segala hal, baik masuk kantor hingga tenggat waktu menyelesaikan tugas.

4. Proses

Benar sekali jika anda mimiliki pemikiran semua hal perlu serba cepat dan waktu adalah uang. Kami juga paham kalau Anda ingin segera sampai dari titik A dan bisa sampai ke titik C SAAT itu JUGA, tapi Anda perlu mengerti kalau ada proses untuk segalanya sebelum kita mencapai titik C akan ada proses yaitu Titik B. Pertimbangkan bahwa di tengah proses tersebut, pengetahuan dan pengalaman yang Anda peroleh selama bekerja di sebuah perusahaan akan membuat persiapan Anda melangkah ke titik selanjutnya semakin matang. Lagipula, berhati-hatilah sebelum Anda membuat keputusan untuk pindah kerja jika baru bekerja beberapa bulan karena tidak sedikit perusahaan yang kurang sreg dengan kandidat yang terkenal sebagai 'kutu loncat'.

5. Tata Krama Dasar

Kesopanan Anda akan menjadi fitur yang membuat rekan nyaman bekerja dengan Anda dan membentuk reputasi profesional  untuk Anda dimata rekan kerja anda . Rendahkan diri anda bukan berarti menjatuhkan harga diri anda dengan Selalu mengucapkan "tolong", "terima kasih", dan "maaf" jika diperlukan dan selalu hormati rekan kerja Anda, tanpa peduli usia atau ada tidaknya hierarki di tempat kerja Anda. Trust it , Anda tidak akan pernah rugi jika selalu menunjukkan rasa hormat dan bersikap sopan kepada rekan kerja anda.

This Is The Oldest Page

Berkomentar yang baik, gunakan etika dalam berkomunikasi.
Komentar berbentuk iklan tidak akan di tampilkan di dalam blog
EmoticonEmoticon